• Posted by : Unknown Wednesday, 2 December 2015


    PERMASALAHAN UTAMA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS.

                    Mata Pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa kelas VII sampai kelas XII. Hal ini ditandai dengan masih rendahnya pencapaian nilai bahasa Inggris dalam ujian Nasional. Bahkan tahun kemarin, Nilai rata-rata Ujian Nasional Bahasa Inggris pada suatu daerah tertentu berkisar 6,4 saja. Nah, Hal ini merupakan suatu masalah yang harus kita sikapi dan kalau perlu kita cari solusinya sehingga nilai rata-rata bahasa Inggris kita akan meningkat.
                    Nah, untuk meningkatkan nilai bahasa Inggris ada baiknya bagi para pelajar terutama siswa kelas VII sampai kelas XII untuk mengetaui dan memahami sebenarnya masalah utama dalam belajar bahasa Inggris itu apa dan Bagaimana cara mengatasinya.
                    Berikut ini adalah permasalahan-permasalahan utama dalam mempelajari bahasa Inggris.
    1.       Soal bahasa inggris lebih mengedepankan penguasaan kosakata.
    Kalau kita perhatikan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia seringkali kita menemukan sebuah pertanyaan tentang Apa yang dimaksudd teks narasi? Apa yang dimaksud dengan pantun? Apa ciri ciri Pantun? Apa yang dimaksud dengan kalimat Majemuk? Dan seterusnya. Akan tetapi dalam bahasa Inggris terutama ujian nasional kita jarang menemukan pertanyaan semacam itu. Yang ada apa kita selalu disajikan suatu teks yang berhubungan dengan materi. Sebagai contoh, Kita belajar teks Narrative, maka dalam ujian nasional soalnya akan berbentuk sebagai berikut:  kita disajikan sebuah teks narrative entah fabel legend atau fairy tales. Setelah itu kita diberi pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disediakan. Coba bayangkan apabila dalam proses belajar mengajar guru mengajarkan teks narrative dengan membahas contoh soal tentang Fabel Mouse deer and crocodile tetapi dalam pengetesan atau evaluasinya beliau menyediakan teks narrative dengan judul yang lain yaitu Ant and dove. Otomatis kosakata yang ada pasti akan berbeda. Padalah dalam proses belajar mengajar kita belajar kosakatan tentang cerita mouse deer and crocodile tetapi pas evaluasi yang keluar ternyata ant and dove. Bisa jadi banyak kosakata baru yang akan kita ketemukan.

    Solusi: Untuk mengatasi kasus semacam ini siswa siswi baik kelas VII maupun kelas XII harus memiliki kemampuan untuk meneba kata dengan menggunakan kata kata disekitarnya. Kemampuan semacam ini tidak bisa dikuasai otodidak harus didampingi oleh seorang guru. Kalau siswa siswi bisa menguasai cara ini pasti ujian nasional mereka akan sukses dan mendapat nilai yang bagus.

    2.       Siswa bingung apa yang harus dipelajari ketika mereka akan melaksanakan tes bahasa inggris.
    Seringkali siswa merasa bingung bahkan galau ketika besok mereka akan tes karena mereka selalu menerapkan cara belajar yang konvensional yaitu dengan mempelajari apa yang ada dibuku catatan. Sekali lagi saya ingatkan terkadang apa yang dipelajari pada proses belajar mengajar tidak sama dengan kenyataan dalam soalnya bahkan seringkali berbeda sehingga hal ini membuat anak anak bingung kira kira mau belajar apa?
    Solusi: Cari kisi-kisi dari guru. Mintalah kisi-kisi sebelum ujian berlangsung jika sudah dapat kita bisa mempelajari kisi kisi dan membuat prediksi-prediksi kosakata yang akan keluar. Contoh: Misalkan dalam kisi kisi tertulis soal no 1-5 disajikan sebuah teks report tentang binatang buas. Nah, dari kisi kisi ini kita bisa kembangkan kosakata dengan merujuk ke binatang buas. Tulis semua kosakata yang berhubungan dengan binatang buas dan cari artinya dalam bahasa inggris. Gunakan Word-tree teknik dalam mempelajari kosakatanya. Saya jamin belajarnya pasti akan lebih efektif dan fokus.

      

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - English Zone

    English Zone - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan